Rabu, 14 Maret 2012

KEDUDUKAN YESUS DALAM QS 3 : 45 ( ALI IMRAN- 45 )



Ayat ini sangat familiar dalam setiap copasan para debeter kristen baik yang pemula maupun yg sudah terbiasa dengan argumentasi2 agama layaknya para pejuang yg hebat, sayangnya mereka berhenti di ayat itu saja tanpa membaca ayat berikutnya yg sangat terang benderang bahwa yesus mengakui dia hanyalah seorang rosul atau utusan sama halnya dengan para rosul rosul sebelumnya.......
Untuk menambah wawasan agama terutama para debeter baik muslim atau pun non muslim saya mencoba membahas  makna dari ayat tersebut.

Persoalanyan paling mendasar antara Islam dan Kristen adalah soal konsep ketuhanan,
Kristen menganggap bahwa yesus adalah anak tuhan bahkan menjadi Tuhan,
sementara Islam memandang yesus hanyalah nabi yang di muliakan sebagaimana nabi2 yg lainya, dalam Islam ALLAH adalah maha suci yang tidak mungkin tersentuh dari hal2 kotor layaknya perbuatan manusia.

menikah adalah merupakan kewajiban manusia yang ALLAH perintahkan, sangat mustahil ALLAH memiliki anak dari bunda Maria krn ALLAH tdk menikahinya,
tidak mungkin ALLAH melanggar kemaha sucian walau itu adalah hakNYA dan ALLAH pun tidaklah mungkin mengajarkan pada hamba2NYA untuk memiliki anak diluar pernikahan,
hal itu akan menodai kesucianNYa, yang terjadi terhadap yesus hanyalah bukti dari tanda tanda kekuasaanya agar manusia pandai bersyukur dan berfikir yang bermuara pada bertambahnya iman..
itulah persoalan mendasar yg perlu di kaji secara rasional tanpa emosional,baik menggunakan dalil dalil, ataupun secara ilmiah, tentunya tidak lepas dari budi pekerti dan akhlak  sebagai mana yang dicontohkan para nabi ketika dialog dgn lawan lawannya, tidaklah banyak orang menjadi beriman karena melihat mukjizat  bahkan ada yg kembali / semakin  kufur karena menyaksikan mukjizat,
tidaklah banyak orang menjadi beriman akibat kalah dalam pertempuran, bahkan musuh menjadi bertambah tambah,dengan akhlak dan budi pekerti serta dialog penuh ilmiah lah para nabi mampu membawa manusia kepada hakikat iman dan kebenaran.. 

menanggapi Al-Qur’an (‘Ali Imran : 45)

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan  kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).
     
 saya sangat menghargai bagi org yang mau mempelajari Al Qur’an walaupun sebatas tujuan mencari cari kekurangan didalamnya,sejarah mencatat tidak sedikit org2 yg awal mulanya menggebu gebu untuk menghancurkan Islam dengan berbagai hujjah meraka, namun berakhir pada hadirnya hidayah ALLAH pada mereka..

 bagi saya ALLAH telah meninggikan Islam dan RosulNYA, ALLAH telah menjaga Islam dan memuliakannya, Islam tidak menjadi sempurna kecuali adanya cobaan cobaan yang mengujinya.............
kami bersyukur padaMU duhai ALLAH pemilik roh manusia dan raja dari segala alam semesta, kami yakin Engkau biarkan mereka menghujat supaya kami terus belajar tentang kebenaran dan keindahan Islam yang pada akhirnya kami mampu meluruskan pandangan mereka yang salah tenteng Islam dengan cara yang benar dan penuh dengan hikmah, bukan dengan emosi dan panatisme agama tanpa ada ilmu di setiap dadanya.

mengenai ayat Qs:3:45 (‘Ali imrom),ayat tersebut sama sekali tidak bisa dijadikan rujukan untuk menjadikan yesus sebagai Tuhan, asal usul turunya ayat tersebut justru untuk meluruskan kaum / suku Najran dan beberapa pendeta yang bertanya tentang Isa bin Maryam, alangkah lebih arif jika para penghujat (Kristen) mau membaca ayat berikutnya (ayat 46-62) dengan tulus yesus mengakui dia hanyalah seorang Rosul yang di utus untuk menyembah ALLAH dan semua kehebatanya (mukjizat) atas izin ALLAH, sekali lagi atas izin ALLAH…atas izin ALLAH inilah yang kurang dipahami atau bahkan mungkin sama sekali tidak dipahami.
    
kembali pada Qs:3:45 para penghujat... meyakini kalimat “Isa purta/bin maryam seorang terkemuka di dunia dan akhirat”adalah pembenaran bahwa yesus anak tuhan….mestinya ayat tersebut berbunyi Isa Putra/bin ALLAH (bukan Isa bin Maryam),sesuatu yang tidak lazim pada masa itu bahkan sampai sekarang nama ibu dinishbatkan di belakang nama anaknya,sesungguhnya ALLAH SWT maha tahu apa yang sudah terjadi dan yang akan terjadi karenanya wahyu turun dengan kalimat Isa Bin Maryam,mankna yang terkandung dalam kaliamt “Isa bin maryam”adalah bentuk penolakan bahwa Isa adalah anak ALLAH….kalimat”seorang terkemuka di dunia dan di akhirat” dan di akhiri dengan kalimat yang sangat indah” dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).”adalah rangkaian kalimat yang tidak bisa dipisahkan,seluruh utusan/para nabi/Rosul AllAH adalah insan terkemuka di dunia karena memiliki akhlak mulia / budi pekerti / tauladan, kemampan dan pengaruh yang tuhan berikan pada mereka termasuk yesus/nabi Isa salah satunya, kontek ayat tersebut ditujukan hanya pada Isa karena pada saat dialog Rosulullah dengan kaum/suku najran (najram) dan pendeta, mereka bertanya tentang kedudukan Isa bin Maryam.                                

     Dalam ayat ke 61 ALLAH memerintahkan Rosulullah untuk bermubahalah dengan pihak najran dan pendeta yang meyakini bahwa yesus anak tuhan, Mubahalah yaitu mengajak kaum najran dan pendeta untuk memohon kepada ALLAH dengan khusyu dan tadharu” YA ALLAH KUTUKLAH DIANTARA KAMI YANG MENDUSTAKAN TENTANG PERISTIWA ISA”namun pihak najran menolak ajakan Rosulullah (Tafsir jalalain). “Siapa yang Membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu (yang meyakinkan kamu), maka katakanlah (kepadanya): "Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, istri-istri kami dan istri-istri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta”(QS:2:61).

sudah seharusnya apabila saat di dunia manusia biasa saja mampu menjalankan hukum hukum ALLAH dengan benar niscaya di akhirat kelak akan memiliki kedudukan terhormat,apalagi para nabi, nabi Isa yang merupakan utuanNYA pastilah kedudukanya diakhirat jauh lebih tinggi dari kedudukan manusia umumnya,diakhiri dengan akhir ayat yang indah”dan termasuk orang2 yang didekatkan kepada ALLAH” kata orang orang menujukan banyak (bukan satu) artinya bukan hanya nabi Isa yang didekatkan kepada ALLAH melainkan para nabi yang lainya dan orang orang yang soleh…mudaha mudahan para penghujat.. menjadi salah satu orang yang mendapat hidayah dari ALLAH SWT dan bisa dekat dengan nabi Isa/yesus kelak….amiin

25 komentar:

  1. Jazakullah khair

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah..terima kasih atas analisanya..

    BalasHapus
  3. tapi kenapa ya jadi muslim, kok setiap sholat selalu minta petunjuk jalan yang benar, apakah kita kita masih tersesat ? *garuk kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukankah yesus juga berdoa lihat Mazmur(5-8) Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.
      (5-9) TUHAN, tuntunlah aku dalam keadilan-Mu karena seteruku; ratakanlah jalan-Mu di depanku.

      jelaslah bahwa Yesus pun berdoa kepada Tuhan dan semakin jelas pula bahwa beliau bukanlah Tuhan karena beliau berdoa kepada tuhan.

      Hapus
    2. MSH.....anda kok bertanya kayak gitu...ngiri ya kalo orang islam selalu rajin dalam meminta petunjuk????
      oh ya...masalah doa yang diulang2.....kayaknya anda gak sadar ya jika anda tiap makan selalu berdo'a, mau tidur juga berdo'a....mungkin anda minta sehat, rizqi yang banyak...atau lainnya. tapi sadarkah anda selalu mengulang do'a tersebut tiap waktu dan tiap harinya???
      jika anda tidak sadar akan hal tersebut berarti anda telah jauh tersesat........hehehehehe......

      Hapus
    3. kok rasanya ada yang janggal disini? ayat yg dikutip dgn jelas asalnya dari Mazmur, itu kan di umat Muslimin jadinya Zabur, yang ditulis sebelum jamannya nabi Isa, dan jelas2 kalo di Injil, yang nulis ini nabi Daud, bukannya Isa. Pertanyaan saya? kenapa kalo kita kaum Muslimin masih senantiasa minta agar ditunjukkan jalan yang lurus, sementara dengan jelas2 dalam Az-Zukhruf: 61 dijelaskan jalan yang lurus yg kita cari2 itu apa. Kok saya jadi bingung sendiri ya?

      Hapus
    4. aku juga janggal.. benar kah di dlm Al-Qur'an ngak ada mnjelaskan tentang pensaliban Yesus?

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. mengapa hanya ISA AL-Masih yg dituliskan di alquran bahwa terkemuka di bumi dan di akhirat??????
    jelas2 Isal AL-masih adalah yang di tinggikan di dunia dan di akherat..
    ko malah yg di puja-puja malah Muhammad yang masih berdoa Tunjukilah kami jalan yang lurus” (Qs 1:6)..
    muhammad aja masih ragu..Qs 10:94 Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu sebelum kamu itu adalah pengikut ISA AL-MASIH

    ngawur e.. postingan ente

    BalasHapus
  6. bagi aku Tuhan itu suci tidak akan melakukan hal2 yg duniawi

    saya juga heran knapa muhammad bisa beristri sampai 12 ?? ..bahkan diantaranya ada yg sebagai budaknya (budak kok di setubuhi?gak kasian?)

    lelaki muslim kalau berpoligami pasti alasannya "mengikuti jejak nabi muhammad"

    kalau memang muhammad dianggap paling benar...knapa ya?wanita muslim masih banyak yng gak suka/gak ihklas kalau di poligami????bukankan itu ajaran dari muhammad yg kalian anggap benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW seorang manusia yang juga makan, minum, berkeluarga, bermasyarakat bahkan berpoligami adalah untuk menunjukkan kepada manusia contoh yang benar dalam hidup ini. Adapun bila ada muslimah yang tidak rela dipoligami maka berarti sang suami belum bisa mencontoh poligaminya Rasul yang penuh dengan keadilan, pengertian dan kasih sayang, dan harus diingat bukan hanya Muhammad SAW saja yang berpoligami tetapi juga Nabi Ibrahim, Daud, Sulaiman dan sebagian besar nabi juga berpoligami. kalau Tuhan mengutus malaikat bagaimana bisa manusia mencontohnya sedangkan ia tidak merasakan apa yang dilakukan oleh manusia.

      Hapus
    2. entah mengapa

      Hapus
    3. Nabi Ibrahim poligami bukannya karena disuruh istri pertamanya ya? Nabi Sulaiman poligami karena urusan politik demi memperluas kerajaannya, Nabi Daud diakui poligami karena nafsu. Masalahnya, kan kita tau kalo poligami itu salah, mana mungkin kita bisa adil kalo udah sangkutannya sama perkara (maaf) syahwat. Sekarang, pertanyaannya: udah tau itu salah, kenapa masih harus ditiru? Itu emang murni jalanin sunnah rasul apa hanya sebatas memuaskan hawa nafsu aja?

      Hapus
    4. memang dalam ajaran kristen tidak diperbolehkan berpoligami, tpi diperbolehkan untuk berzinah. serperti halnya kumpul kebo.
      yah wajarlah dalam alkitabnya aja ada cerita porno....
      maaf sebelumnya jika saya salah, tpi bagi orang2 kristen, coba deh silahkan baca kembali bible kalian,,, pasti ada cerita pornonya,
      kaya novel2 gitu ^_^

      Hapus
    5. @ atas. berarti itulah kitab terlengkap yg pernah ada d dunia, karena kearifan, kesucian & kemurnian suatu kitab harus tetap berada pada koridor bahwa didunia ini, hal yang fana itu layak disajikan agar dpelajari oleh umat utk di ambil hikmatnya

      terbukti walaupun ada pornonya (setau sy itu kitab KIDUNG AGUNG, yg dmaksud) dtulis oleh Sulaiman yg islam anggap sbg nabi. ALKITAB menulis salah satu dr "RAJA ISRAEL". adalah catatan kerajaan dsaat beliau mmerintah.

      simpel sajalah, perenah terpikir ga.. dr jaman..sebut saja : Musa sampai Isa.. mereka semua yg dianggap nabi oleh islam itu adalah bangsa israel yg notabene dibenci oleh islam.

      sedangkan ada 1 orang dr antah berantah, tiba2 keluar gua & mengaku dirinya sbg NABI terakhir, yg secara notabene membawa kitab yg isinya bagai salinan dr sebuah kitab sebelumnya ??

      sy ga habis pikir bgitu byk manusia bisa bgitu percaya nya sama orang tsb ?.

      yg membuat konflik pikiran bagi org kristen karena org ini sbenarnya hampir2 sama berdiri di era k-12 murid yesus yg menjadi + rasul paulus serta rasul2 lainnya.

      tetapi di anggap nabi ?? sedangkan dipihak kristen, jelas bagi kami sebutan NABI sangat berbeda arti dengan RASUL. begitulah ...

      Hapus
  7. kata terkemuka di terjemahan ayat tersebut bukan berarti paling atau mengungguli marilah kita lihat dari bahasa aslinya (Arab) QS. Ali-Imran 3:45
    إِذْ قَالَتِ الْمَلائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ
    “Idz Qaalati malaaikatu yaamaryamu innallaaha yubasysyiruka bikalimatin minhu ismunul masiihu isa ibnu maryama wajihan fiddunnya wal akhirati wa minal muqarrabiin”
    Dalam ayat diatas, kata wajihan yang diartikan sebagai terkemuka. Wajihan juga berarti terhormat namun wajihan bukan bermakna paling atau mengungguli. Kata wajihan pada ayat diatas juga dipakai pada nabi-nabi yang lain karena para nabi adalah orang-orang yang terkemuka, mereka adalah orang-orang yang diberikan karunia lebih oleh Allah Subhana Wa Ta’ala, contohnya penyebutan Nabi Musa juga memakai kata wajihan.
    QS. Al-Ahzab’ 33:69
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَكُونُوا كَالَّذِينَ آذَوْا مُوسَى فَبَرَّأَهُ اللَّهُ مِمَّا قَالُوا وَكَانَ عِنْدَ اللَّهِ وَجِيهًا
    “Yaa ayyuhal ladziina amanuu laa takuunuu kalladziina aadzau muusaa fabarra-ahullaahu mimmaa qaaluu wa kaana ‘indallaahi wajihan.”
    “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa; maka Allah membersihkannya dari tuduhan-tuduhan yang mereka katakan. Dan adalah dia seorang yang mempunyai kedudukan terhormat/terkemuka di sisi Allah.”
    Jelasnya yang dimaksud orang yang termuka dalam Al-Qur’an bukan hanya Nabi Isa namun juga nabi-nabi yang lain. jadi ayat diatas tidak membuktikan bahwa derajad nabi Isa lebih tinggi dari nabi lain, karena semua nabi tentunya terkemuka disisi Allah Subhana Wa Ta’ala. Mengenai “Muqarrabin” orang yang didekatkan, kata tersebut jelas menunjukkan bahwa Isa adalah salah satu orang yang didekatkan artinya masih banyak “Muqarrabin” yang lainnya yaitu para Nabi juga orang-orang pilihan disisi Allah.

    BalasHapus
  8. bukankah yesus juga berdoa lihat Mazmur(5-8) Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.
    (5-9) TUHAN, tuntunlah aku dalam keadilan-Mu karena seteruku; ratakanlah jalan-Mu di depanku.

    jelaslah bahwa Yesus pun berdoa dan menyembah kepada Tuhan dan semakin jelas pula bahwa beliau bukanlah Tuhan karena beliau berdoa dan menyembah kepada tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf mas..
      dalam Alkitab itu ada "timeline"nya..
      Dari awal penciptaan (Kitab Kejadian) berderet2 runtut sampai jaman Yesus dan 12 rasul (murid.
      dibagi 2 kelompok besar, Perjanjian Lama (Sebelum Yesus) dan Perjanian Baru (Setelah Yesus)

      Ayat yang mas quote ini ada di perjanjian Lama (Tulisan Daud..) aku (huruf kecil) pada kitab tersebut adalah Nabi Daud.. setahu saya kitab (zabur) Mazmur ini adalah puisi / lirik lagu dari Nabi Daud..

      CMIIW

      Hapus
  9. "menikah adalah merupakan kewajiban manusia yang ALLAH perintahkan, sangat mustahil ALLAH memiliki anak dari bunda Maria krn ALLAH tdk menikahinya,
    tidak mungkin ALLAH melanggar kemaha sucian walau itu adalah hakNYA dan ALLAH pun tidaklah mungkin mengajarkan pada hamba2NYA untuk memiliki anak diluar pernikahan,
    hal itu akan menodai kesucianNYa, yang terjadi terhadap yesus hanyalah bukti dari tanda tanda kekuasaanya agar manusia pandai bersyukur dan berfikir yang bermuara pada bertambahnya iman.."


    Adakah yang tidak mungkin bagi ALLAH ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya om, pernah baca tentang kelahiran Yesus ga ? Allah gak (maaf) kawin dengan Maria lalu menghasilkan Yesus, Yesus itu Roh yang adalah Allah itu sendiri. Roh turun atas Maria yang belum pernah disentuh pria manapun. Jadi tidak ada yang namanya Allah melanggar ke Maha Sucian-Nya. Tolong dibaca dulu baru dipikir baru disebarluaskan. Thanks dan God Bless

      Hapus
  10. Mazmur ditulis oleh raja Daud dan bukan oleh Yesus sedangkan Yesus sendiri ketika dibaptis ada suara Tuhan Inilah AnakKu yang dikasihi kepadaNyalah Aku berkenan

    BalasHapus
  11. Yesus dasyat....kalian membaca&percaya quran ttng nabi isa/yesus tp tidak berani memberitakan kebenaran&mujizatNya.kalian hny memuji muhammad yg nyata2 tidak dpt bernubuat...klo meyakini quran adalah kitab yg pling benar yakini semua...

    BalasHapus
  12. Baca qs21:91 disitu dijelaskan bagaimana maryam bisa menjadi ibu Yesus tanpa menikah

    BalasHapus
  13. yg bikin bingung lagi katanya Maryam itu saudaranya Harun zaman nabi Musa ? pusing baca Quran tidak sinkron ayat satu dengan yang lain

    BalasHapus