KEDUDUKAN YESUS DALAM QS 3 : 45 ( ALI IMRAN- 45 )



Ayat ini sangat familiar dalam setiap copasan para debeter kristen baik yang pemula maupun yg sudah terbiasa dengan argumentasi2 agama layaknya para pejuang yg hebat, sayangnya mereka berhenti di ayat itu saja tanpa membaca ayat berikutnya yg sangat terang benderang bahwa yesus mengakui dia hanyalah seorang rosul atau utusan sama halnya dengan para rosul rosul sebelumnya.......
Untuk menambah wawasan agama terutama para debeter baik muslim atau pun non muslim saya mencoba membahas  makna dari ayat tersebut.

Persoalanyan paling mendasar antara Islam dan Kristen adalah soal konsep ketuhanan,
Kristen menganggap bahwa yesus adalah anak tuhan bahkan menjadi Tuhan,
sementara Islam memandang yesus hanyalah nabi yang di muliakan sebagaimana nabi2 yg lainya, dalam Islam ALLAH adalah maha suci yang tidak mungkin tersentuh dari hal2 kotor layaknya perbuatan manusia.

menikah adalah merupakan kewajiban manusia yang ALLAH perintahkan, sangat mustahil ALLAH memiliki anak dari bunda Maria krn ALLAH tdk menikahinya,
tidak mungkin ALLAH melanggar kemaha sucian walau itu adalah hakNYA dan ALLAH pun tidaklah mungkin mengajarkan pada hamba2NYA untuk memiliki anak diluar pernikahan,
hal itu akan menodai kesucianNYa, yang terjadi terhadap yesus hanyalah bukti dari tanda tanda kekuasaanya agar manusia pandai bersyukur dan berfikir yang bermuara pada bertambahnya iman..
itulah persoalan mendasar yg perlu di kaji secara rasional tanpa emosional,baik menggunakan dalil dalil, ataupun secara ilmiah, tentunya tidak lepas dari budi pekerti dan akhlak  sebagai mana yang dicontohkan para nabi ketika dialog dgn lawan lawannya, tidaklah banyak orang menjadi beriman karena melihat mukjizat  bahkan ada yg kembali / semakin  kufur karena menyaksikan mukjizat,
tidaklah banyak orang menjadi beriman akibat kalah dalam pertempuran, bahkan musuh menjadi bertambah tambah,dengan akhlak dan budi pekerti serta dialog penuh ilmiah lah para nabi mampu membawa manusia kepada hakikat iman dan kebenaran.. 

menanggapi Al-Qur’an (‘Ali Imran : 45)

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan  kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).
     
 saya sangat menghargai bagi org yang mau mempelajari Al Qur’an walaupun sebatas tujuan mencari cari kekurangan didalamnya,sejarah mencatat tidak sedikit org2 yg awal mulanya menggebu gebu untuk menghancurkan Islam dengan berbagai hujjah meraka, namun berakhir pada hadirnya hidayah ALLAH pada mereka..

 bagi saya ALLAH telah meninggikan Islam dan RosulNYA, ALLAH telah menjaga Islam dan memuliakannya, Islam tidak menjadi sempurna kecuali adanya cobaan cobaan yang mengujinya.............
kami bersyukur padaMU duhai ALLAH pemilik roh manusia dan raja dari segala alam semesta, kami yakin Engkau biarkan mereka menghujat supaya kami terus belajar tentang kebenaran dan keindahan Islam yang pada akhirnya kami mampu meluruskan pandangan mereka yang salah tenteng Islam dengan cara yang benar dan penuh dengan hikmah, bukan dengan emosi dan panatisme agama tanpa ada ilmu di setiap dadanya.

mengenai ayat Qs:3:45 (‘Ali imrom),ayat tersebut sama sekali tidak bisa dijadikan rujukan untuk menjadikan yesus sebagai Tuhan, asal usul turunya ayat tersebut justru untuk meluruskan kaum / suku Najran dan beberapa pendeta yang bertanya tentang Isa bin Maryam, alangkah lebih arif jika para penghujat (Kristen) mau membaca ayat berikutnya (ayat 46-62) dengan tulus yesus mengakui dia hanyalah seorang Rosul yang di utus untuk menyembah ALLAH dan semua kehebatanya (mukjizat) atas izin ALLAH, sekali lagi atas izin ALLAH…atas izin ALLAH inilah yang kurang dipahami atau bahkan mungkin sama sekali tidak dipahami.
    
kembali pada Qs:3:45 para penghujat... meyakini kalimat “Isa purta/bin maryam seorang terkemuka di dunia dan akhirat”adalah pembenaran bahwa yesus anak tuhan….mestinya ayat tersebut berbunyi Isa Putra/bin ALLAH (bukan Isa bin Maryam),sesuatu yang tidak lazim pada masa itu bahkan sampai sekarang nama ibu dinishbatkan di belakang nama anaknya,sesungguhnya ALLAH SWT maha tahu apa yang sudah terjadi dan yang akan terjadi karenanya wahyu turun dengan kalimat Isa Bin Maryam,mankna yang terkandung dalam kaliamt “Isa bin maryam”adalah bentuk penolakan bahwa Isa adalah anak ALLAH….kalimat”seorang terkemuka di dunia dan di akhirat” dan di akhiri dengan kalimat yang sangat indah” dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).”adalah rangkaian kalimat yang tidak bisa dipisahkan,seluruh utusan/para nabi/Rosul AllAH adalah insan terkemuka di dunia karena memiliki akhlak mulia / budi pekerti / tauladan, kemampan dan pengaruh yang tuhan berikan pada mereka termasuk yesus/nabi Isa salah satunya, kontek ayat tersebut ditujukan hanya pada Isa karena pada saat dialog Rosulullah dengan kaum/suku najran (najram) dan pendeta, mereka bertanya tentang kedudukan Isa bin Maryam.                                

     Dalam ayat ke 61 ALLAH memerintahkan Rosulullah untuk bermubahalah dengan pihak najran dan pendeta yang meyakini bahwa yesus anak tuhan, Mubahalah yaitu mengajak kaum najran dan pendeta untuk memohon kepada ALLAH dengan khusyu dan tadharu” YA ALLAH KUTUKLAH DIANTARA KAMI YANG MENDUSTAKAN TENTANG PERISTIWA ISA”namun pihak najran menolak ajakan Rosulullah (Tafsir jalalain). “Siapa yang Membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu (yang meyakinkan kamu), maka katakanlah (kepadanya): "Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, istri-istri kami dan istri-istri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta”(QS:2:61).

sudah seharusnya apabila saat di dunia manusia biasa saja mampu menjalankan hukum hukum ALLAH dengan benar niscaya di akhirat kelak akan memiliki kedudukan terhormat,apalagi para nabi, nabi Isa yang merupakan utuanNYA pastilah kedudukanya diakhirat jauh lebih tinggi dari kedudukan manusia umumnya,diakhiri dengan akhir ayat yang indah”dan termasuk orang2 yang didekatkan kepada ALLAH” kata orang orang menujukan banyak (bukan satu) artinya bukan hanya nabi Isa yang didekatkan kepada ALLAH melainkan para nabi yang lainya dan orang orang yang soleh…mudaha mudahan para penghujat.. menjadi salah satu orang yang mendapat hidayah dari ALLAH SWT dan bisa dekat dengan nabi Isa/yesus kelak….amiin

91 komentar:

  1. Alhamdulillah..terima kasih atas analisanya..

    BalasHapus
  2. tapi kenapa ya jadi muslim, kok setiap sholat selalu minta petunjuk jalan yang benar, apakah kita kita masih tersesat ? *garuk kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukankah yesus juga berdoa lihat Mazmur(5-8) Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.
      (5-9) TUHAN, tuntunlah aku dalam keadilan-Mu karena seteruku; ratakanlah jalan-Mu di depanku.

      jelaslah bahwa Yesus pun berdoa kepada Tuhan dan semakin jelas pula bahwa beliau bukanlah Tuhan karena beliau berdoa kepada tuhan.

      Hapus
    2. MSH.....anda kok bertanya kayak gitu...ngiri ya kalo orang islam selalu rajin dalam meminta petunjuk????
      oh ya...masalah doa yang diulang2.....kayaknya anda gak sadar ya jika anda tiap makan selalu berdo'a, mau tidur juga berdo'a....mungkin anda minta sehat, rizqi yang banyak...atau lainnya. tapi sadarkah anda selalu mengulang do'a tersebut tiap waktu dan tiap harinya???
      jika anda tidak sadar akan hal tersebut berarti anda telah jauh tersesat........hehehehehe......

      Hapus
    3. kok rasanya ada yang janggal disini? ayat yg dikutip dgn jelas asalnya dari Mazmur, itu kan di umat Muslimin jadinya Zabur, yang ditulis sebelum jamannya nabi Isa, dan jelas2 kalo di Injil, yang nulis ini nabi Daud, bukannya Isa. Pertanyaan saya? kenapa kalo kita kaum Muslimin masih senantiasa minta agar ditunjukkan jalan yang lurus, sementara dengan jelas2 dalam Az-Zukhruf: 61 dijelaskan jalan yang lurus yg kita cari2 itu apa. Kok saya jadi bingung sendiri ya?

      Hapus
    4. aku juga janggal.. benar kah di dlm Al-Qur'an ngak ada mnjelaskan tentang pensaliban Yesus?

      Hapus
    5. ya iya lah minta di tunjukin bro, setiap manusia pasti pernah melakukan dosa besar atau kecil, makanya minta di tunjukkin biar ga banyak melakukan dosa dan selalu berbuat kebaikan

      Hapus
    6. Benar kawan @MSH, ya jelas bacanya cuma di satu ayat injil lihat di seluruh pasal nya, dan lebih jelas lihat di Yohanes 14:6 (Akulah jalan kebenaran dan hidup tidak ada seorangpun yang datang kepada bapa (Allah) kalau tidak melalui Aku (Yesus). Dan tidak ada manusia yang tahu seluruh pengajaran nya di dalam kitab nya kecuali Dia yang percaya dan mengenal Yesus. :-)

      Hapus
    7. As Sukruf, 43:61. Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus, ternyata jln yg lurus sdl, Nabi Isa, bukan nabi Muhammad

      Hapus
    8. Broo. Nabi isa dan nabi muhammad sama"sebagai rasul dan nabi allah, jdi klaian kok nyembah nabi bkannya allah, kta umat islam syg kepda muhammad tpi kami tdk menyembah dia. Ingat alquran adalah kitab yg smpurna, dimana itu rangkuman dri kitab terdahulu. Jdi untuk apa pedomani ktab yg blm smpurna

      Hapus
    9. Hanya d Islam yg mengatakan kitabnya sempurna,
      Agama lainnya jg bs mengklaim kitabnya sempurna. Tp ga mesti d ungkapkan gitu.

      Maslhnya Qur'an ga menjelaskan lengkap silsilah keturunan para nabi. Bagaimana menjelaskan hal ini.
      Lbih d tekankan baca bahasa arabnya, sebaiknya terjemahannya jg hrs d baca semuanya.

      Coba baca QS 4:82

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. Maaf... ayat yang diambil di dalam kitab Mazmur itu bukan dari Yesus, melainkan itu syair dari Raja Daud..

      Hapus
    12. Maaf... ayat yang diambil di dalam kitab Mazmur 5:8-9, itu bukan dari Yesus, melainkan itu syair dari Raja Daud..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. mengapa hanya ISA AL-Masih yg dituliskan di alquran bahwa terkemuka di bumi dan di akhirat??????
    jelas2 Isal AL-masih adalah yang di tinggikan di dunia dan di akherat..
    ko malah yg di puja-puja malah Muhammad yang masih berdoa Tunjukilah kami jalan yang lurus” (Qs 1:6)..
    muhammad aja masih ragu..Qs 10:94 Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu sebelum kamu itu adalah pengikut ISA AL-MASIH

    ngawur e.. postingan ente

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim ini saksi jehova,
      Dr kalimatnya SDH kelihatan.

      Kepercayaan baru d Indonesia

      Hapus
  5. bagi aku Tuhan itu suci tidak akan melakukan hal2 yg duniawi

    saya juga heran knapa muhammad bisa beristri sampai 12 ?? ..bahkan diantaranya ada yg sebagai budaknya (budak kok di setubuhi?gak kasian?)

    lelaki muslim kalau berpoligami pasti alasannya "mengikuti jejak nabi muhammad"

    kalau memang muhammad dianggap paling benar...knapa ya?wanita muslim masih banyak yng gak suka/gak ihklas kalau di poligami????bukankan itu ajaran dari muhammad yg kalian anggap benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW seorang manusia yang juga makan, minum, berkeluarga, bermasyarakat bahkan berpoligami adalah untuk menunjukkan kepada manusia contoh yang benar dalam hidup ini. Adapun bila ada muslimah yang tidak rela dipoligami maka berarti sang suami belum bisa mencontoh poligaminya Rasul yang penuh dengan keadilan, pengertian dan kasih sayang, dan harus diingat bukan hanya Muhammad SAW saja yang berpoligami tetapi juga Nabi Ibrahim, Daud, Sulaiman dan sebagian besar nabi juga berpoligami. kalau Tuhan mengutus malaikat bagaimana bisa manusia mencontohnya sedangkan ia tidak merasakan apa yang dilakukan oleh manusia.

      Hapus
    2. Nabi Ibrahim poligami bukannya karena disuruh istri pertamanya ya? Nabi Sulaiman poligami karena urusan politik demi memperluas kerajaannya, Nabi Daud diakui poligami karena nafsu. Masalahnya, kan kita tau kalo poligami itu salah, mana mungkin kita bisa adil kalo udah sangkutannya sama perkara (maaf) syahwat. Sekarang, pertanyaannya: udah tau itu salah, kenapa masih harus ditiru? Itu emang murni jalanin sunnah rasul apa hanya sebatas memuaskan hawa nafsu aja?

      Hapus
    3. memang dalam ajaran kristen tidak diperbolehkan berpoligami, tpi diperbolehkan untuk berzinah. serperti halnya kumpul kebo.
      yah wajarlah dalam alkitabnya aja ada cerita porno....
      maaf sebelumnya jika saya salah, tpi bagi orang2 kristen, coba deh silahkan baca kembali bible kalian,,, pasti ada cerita pornonya,
      kaya novel2 gitu ^_^

      Hapus
    4. @ atas. berarti itulah kitab terlengkap yg pernah ada d dunia, karena kearifan, kesucian & kemurnian suatu kitab harus tetap berada pada koridor bahwa didunia ini, hal yang fana itu layak disajikan agar dpelajari oleh umat utk di ambil hikmatnya

      terbukti walaupun ada pornonya (setau sy itu kitab KIDUNG AGUNG, yg dmaksud) dtulis oleh Sulaiman yg islam anggap sbg nabi. ALKITAB menulis salah satu dr "RAJA ISRAEL". adalah catatan kerajaan dsaat beliau mmerintah.

      simpel sajalah, perenah terpikir ga.. dr jaman..sebut saja : Musa sampai Isa.. mereka semua yg dianggap nabi oleh islam itu adalah bangsa israel yg notabene dibenci oleh islam.

      sedangkan ada 1 orang dr antah berantah, tiba2 keluar gua & mengaku dirinya sbg NABI terakhir, yg secara notabene membawa kitab yg isinya bagai salinan dr sebuah kitab sebelumnya ??

      sy ga habis pikir bgitu byk manusia bisa bgitu percaya nya sama orang tsb ?.

      yg membuat konflik pikiran bagi org kristen karena org ini sbenarnya hampir2 sama berdiri di era k-12 murid yesus yg menjadi + rasul paulus serta rasul2 lainnya.

      tetapi di anggap nabi ?? sedangkan dipihak kristen, jelas bagi kami sebutan NABI sangat berbeda arti dengan RASUL. begitulah ...

      Hapus
    5. Raribut wae atuh sok derkeunlah

      Hapus
    6. Porno??? Otak u aja yg ngeres bos wkwkwkwkwk.... Gw bernafsu dgn istri gw, dan gw suka payudara istri gw, g suka pinggulnya pantatnya, trus salah kl gt??? Istri2 gw -_-

      Hapus
  6. kata terkemuka di terjemahan ayat tersebut bukan berarti paling atau mengungguli marilah kita lihat dari bahasa aslinya (Arab) QS. Ali-Imran 3:45
    إِذْ قَالَتِ الْمَلائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ
    “Idz Qaalati malaaikatu yaamaryamu innallaaha yubasysyiruka bikalimatin minhu ismunul masiihu isa ibnu maryama wajihan fiddunnya wal akhirati wa minal muqarrabiin”
    Dalam ayat diatas, kata wajihan yang diartikan sebagai terkemuka. Wajihan juga berarti terhormat namun wajihan bukan bermakna paling atau mengungguli. Kata wajihan pada ayat diatas juga dipakai pada nabi-nabi yang lain karena para nabi adalah orang-orang yang terkemuka, mereka adalah orang-orang yang diberikan karunia lebih oleh Allah Subhana Wa Ta’ala, contohnya penyebutan Nabi Musa juga memakai kata wajihan.
    QS. Al-Ahzab’ 33:69
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَكُونُوا كَالَّذِينَ آذَوْا مُوسَى فَبَرَّأَهُ اللَّهُ مِمَّا قَالُوا وَكَانَ عِنْدَ اللَّهِ وَجِيهًا
    “Yaa ayyuhal ladziina amanuu laa takuunuu kalladziina aadzau muusaa fabarra-ahullaahu mimmaa qaaluu wa kaana ‘indallaahi wajihan.”
    “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa; maka Allah membersihkannya dari tuduhan-tuduhan yang mereka katakan. Dan adalah dia seorang yang mempunyai kedudukan terhormat/terkemuka di sisi Allah.”
    Jelasnya yang dimaksud orang yang termuka dalam Al-Qur’an bukan hanya Nabi Isa namun juga nabi-nabi yang lain. jadi ayat diatas tidak membuktikan bahwa derajad nabi Isa lebih tinggi dari nabi lain, karena semua nabi tentunya terkemuka disisi Allah Subhana Wa Ta’ala. Mengenai “Muqarrabin” orang yang didekatkan, kata tersebut jelas menunjukkan bahwa Isa adalah salah satu orang yang didekatkan artinya masih banyak “Muqarrabin” yang lainnya yaitu para Nabi juga orang-orang pilihan disisi Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. INI NGAWUR BANGET NEH. MANA.ADA NABI2 LAIN.YG TERKEMUKA DIDUNIA DAN AKHIRAT SELAIN ISA....COBA TUNJUKIN DI AYAT BERAPA DI QS ATO HADIST.....
      CERDAS DIKITLAH KASIH COMMENT...!!!!

      Hapus
    2. SUDAH BIARKAN SAJA KA, YANG TIDAK TAHU KEBENARAN DARI TUHAN YANG BISA NYA CUMA KARANG-KARANG SOK BENAR MENDING KITA MENDOAKAN NYA SAJA BIAR TUHAN MENGAMPUNI MEREKA SEBAB MEREKA TIDAK TAHU APA YANG TELAH MEREKA PERBUAT :-) @chatolic golf club

      Hapus
    3. Saudaraku Yoshua Rivaldo, sy setuju dengan tanggapan singkat penuh makna dari anda. Yah, kita mendoakan supaya diampuni, tetapi mereka mendoakan kita supaya masuk neraka. Ajaran di dalam kekristenan (KS,Tradisi dan Magisterium Gereja) tidak ada ajaran untuk membenci Islam. Malah ajarannya adalah bahwa di dalam Islam dan agama lainnya terkandung kebenaran pula. Tetapi kok di ajaran Islam, malah spt tanggapan berupa ajaran utk membenci Kristiani?? Wkwkwkwk.

      Hapus
  7. bukankah yesus juga berdoa lihat Mazmur(5-8) Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.
    (5-9) TUHAN, tuntunlah aku dalam keadilan-Mu karena seteruku; ratakanlah jalan-Mu di depanku.

    jelaslah bahwa Yesus pun berdoa dan menyembah kepada Tuhan dan semakin jelas pula bahwa beliau bukanlah Tuhan karena beliau berdoa dan menyembah kepada tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf mas..
      dalam Alkitab itu ada "timeline"nya..
      Dari awal penciptaan (Kitab Kejadian) berderet2 runtut sampai jaman Yesus dan 12 rasul (murid.
      dibagi 2 kelompok besar, Perjanjian Lama (Sebelum Yesus) dan Perjanian Baru (Setelah Yesus)

      Ayat yang mas quote ini ada di perjanjian Lama (Tulisan Daud..) aku (huruf kecil) pada kitab tersebut adalah Nabi Daud.. setahu saya kitab (zabur) Mazmur ini adalah puisi / lirik lagu dari Nabi Daud..

      CMIIW

      Hapus
  8. "menikah adalah merupakan kewajiban manusia yang ALLAH perintahkan, sangat mustahil ALLAH memiliki anak dari bunda Maria krn ALLAH tdk menikahinya,
    tidak mungkin ALLAH melanggar kemaha sucian walau itu adalah hakNYA dan ALLAH pun tidaklah mungkin mengajarkan pada hamba2NYA untuk memiliki anak diluar pernikahan,
    hal itu akan menodai kesucianNYa, yang terjadi terhadap yesus hanyalah bukti dari tanda tanda kekuasaanya agar manusia pandai bersyukur dan berfikir yang bermuara pada bertambahnya iman.."


    Adakah yang tidak mungkin bagi ALLAH ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya om, pernah baca tentang kelahiran Yesus ga ? Allah gak (maaf) kawin dengan Maria lalu menghasilkan Yesus, Yesus itu Roh yang adalah Allah itu sendiri. Roh turun atas Maria yang belum pernah disentuh pria manapun. Jadi tidak ada yang namanya Allah melanggar ke Maha Sucian-Nya. Tolong dibaca dulu baru dipikir baru disebarluaskan. Thanks dan God Bless

      Hapus
  9. Mazmur ditulis oleh raja Daud dan bukan oleh Yesus sedangkan Yesus sendiri ketika dibaptis ada suara Tuhan Inilah AnakKu yang dikasihi kepadaNyalah Aku berkenan

    BalasHapus
  10. Yesus dasyat....kalian membaca&percaya quran ttng nabi isa/yesus tp tidak berani memberitakan kebenaran&mujizatNya.kalian hny memuji muhammad yg nyata2 tidak dpt bernubuat...klo meyakini quran adalah kitab yg pling benar yakini semua...

    BalasHapus
  11. Baca qs21:91 disitu dijelaskan bagaimana maryam bisa menjadi ibu Yesus tanpa menikah

    BalasHapus
  12. yg bikin bingung lagi katanya Maryam itu saudaranya Harun zaman nabi Musa ? pusing baca Quran tidak sinkron ayat satu dengan yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Da bukan novel atuh gan

      Hapus
    2. Dalam AlQuran:

      Maryam: 28
      يَٰٓأُخۡتَ هَٰرُونَ مَا كَانَ أَبُوكِ ٱمۡرَأَ سَوۡءٖ وَمَا كَانَتۡ أُمُّكِ بَغِيّٗا
      Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina",


      Padahal kita tau, dari Maryam ke Harun ada beberapa generasi.

      Matius : 1 : 1 - Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

      Padahal kita tau kalau dari Abraham ke Daud ada beberapa generasi, begitu juga dari Daud ke Yesus Kristus ada beberapa generasi.


      ========================
      REASONS:

      1. Gaya bahasa Alkitab dan Al-Quran bahwa Maryam (Ibrani: Maria) itu keturunan terhormat dari Harun. Dan Yesus (Arab: Isa) keturunan terhormat dari Daud dan Abraham (Arab: Ibrahim), dan tentu saja dari Harun.

      2. Kalau kita mau mau ke Bandung dari Jakarta, pasti lewat kota-kota sebelum Bandung dulu meskipun tidak perlu kita disebutkan.
      Kita bilangnya (dari Jakarta) mau ke Bandung.

      Hapus
  13. MUSLIMER INI PADA BINGUN ....CARI ALASAN2 YG KAGAK MASUK AKAL.

    BalasHapus
  14. MUSLIMER INI PADA BINGUN ....CARI ALASAN2 YG KAGAK MASUK AKAL.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. To : Para Muslim & Kristiani

    Mau tanya nih.tapi jawablah dengan jujur ya.
    Bukankah agama kalian masing2 mengajarkan kejujuran.

    BENARKAH PEMBERITAAN DAN FAKTA YANG ADA Bahwa: Seorang penginjil ternama di Indonesia yg bernama Bpk.Hanny Kristianto telah masuk Islam ??

    Kalau berita itu TIDAK BENAR,seharusnya kan diluruskan berita tsb.

    Tapi kalau berita itu BENAR TERJADI, apa yang menjadikan dasar Beliau sehingga beralih menjadi muslim ??

    Jadi berita yang benar ini yang mana ya ?

    Tks atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. JANGAN MELIHAT DARI SISI MANUSIA NYA KA, MANUSIA ITU LEMAH KA JANGAN SALAHKAN TUHAN NYA. AKAN TETAPI LIHAT DARI KEPRIBADIAN TUHAN NYA SAJA ITU ADALAH KEBENARAN YANG TERBUKTI BENAR. BAHWA YESUS SUDAH MENEBUS DOSA UMAT MANUSIA APAPUN KESALAHAN NYA SUDAH DIAMPUNI KARENA ITU YESUS TELAH LEBIH TAU SEJAK DULU SOSOK KARAKTER MANUSIA SEPERTI APA. JADI, HARAP MENGERTI LAH KEBENARAN YANG SESUNGGUHNYA !

      Hapus
    2. tentang ketuhanan tidak bisa berdasarkan logika manusia....

      Hapus
    3. tentang ketuhanan tidak bisa berdasarkan logika manusia....

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. memang hati org kafir kristen telah tertutup dgn kesyirikan mrk mengambil suatu ayat lalu memalingkan maknanya, maka tidak heran klu al kitab mereka sendiri sering ditukar-ganti ayat²nya biar sesuai dgn nafsu mrk.
    krn itulah kami sering berdoa agar ditetapkan hati pada jalan yg lurus (islam) agar tidak menjadi org yg dimurkai (yahudi) dan org yg sesat (kristen) krn keduanya yahudi dan nasrani pada asalnya adalah agama tauhid tapi telah dirubah oleh mrk sendiri. semuanya telah dimuatkan dlm kitab suci terakhir (Al Quran) ttg keadaan mrk dimasa lalu, dimasa kini dan di hari akhirat kelak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayat2 mana yg ditukar ganti. Coba anda buktikan???

      Hapus
    2. "krn itulah kami sering berdoa agar ditetapkan hati pada jalan yg lurus (islam) agar tidak menjadi org yg dimurkai (yahudi) dan org yg sesat (kristen) krn keduanya yahudi dan nasrani pada asalnya adalah agama tauhid tapi telah dirubah oleh mrk sendiri". APAKAH DI KITAB INI DI AJARKAN TENTANG MENGUTUK AGAMA LAIN??

      Hapus
    3. waduh ajaran agamanya kasar sekali, ngatain umat lain sesat

      Hapus
  19. Waduh. Kembali ke topik perselisihan pendapat agama, dan selalu mengenai kami org yang percaya ISA! Adakah anda membahas topik atau mempertanyakan org yang percaya Tom sam cong, kera sakti, patkai, dan wucing, dewi kwuan in atau patung dewa lainnya? Mengapa hanya Yesus Kristus yg kami percaya selalu di pertanyakan? Agama hanya membuat perdebatan..tapi kami yang percaya Yesus Kristus tidak pernah mmperdebatkan ajaran iman kaliam dan selalu menghargai kalian yang percaya Nabi Muhammad. Ditinjau dari pola pikir dari waktu kita belum lahir dan belum mengenal pendidikan aja sudah ada yang berani bersaksi demi Suatu kebenaran yang belum tentu fakta sejarah. Kitab mana yang duluan diturunkan? Semua kitab perlu terjemahan berbagai bahasa.. Kalian menganggap Yg percaya ISA itu kafir, tidak masalah pendapat anda! Jelas Alquran sendiri lebih banyak menjelaskan ISA ALMASIH berarti fakta kebenaran hidup yang Kitab anda sendiri kadang titik temunya berlainan..berbeda dengan ALKITAB. Sudah diturunkan mulai dari perjanjian lama sampai perjanjian baru, demi sebuah ajaran baru untuk sebuah nama tentu akan ada Kitab2 lain lagi nantinya setelah anda Meninggal! Akan banyak Guru dan nabi Palsu lagi.. Bukti di Alkitab pun tertulis akan ada banyak guru dan nabi palsu yg muncul sebelum kedatangan ISA ALMASIH. Yang jadi pertanyaan saya.. Kalaupun kami menganggap YESUS KRISTUS ISA ALMASIH ITU TUHAN itu apa mengganggu pribadi kalian? Mengganggu aktivitas kalian? Mengganggu amal kalian? Sudah jelas dikitab kalian pun kami ini bukan kafir..kami ini bukan iblis.. Kami melakukan apa yang dikehendaki SESUAI JALAN LURUS KAMI! kami punya iman sekalipun anda akan membunuh kami semua..tetap iman kami kepada YESUS KRISTUS. iman anda yah hidup anda.. Jalani masing2! Jangan mengoreksi agama yang lain.. Saya yakin anda yang mengimani Muhammad kaya akan pertanyaan ttg siapa ISA ALMASIH? Pertanyaan dari A-Z hanya itu terus yang di ulang! Kenapa anda tidak mempertanyakan siapa DEWI KUAN IN? mereka yg punya agama lain pun makan makanan yg serupa dengan kami.. KITA sama2 minum alkohol..kita sama2 merokok..kita sama2 pernah zinah..kita sama2 pernah jahat. Lantas apa yang anda pertanyakan selama ini? Dan SALAH KAMI PENGIKUT YESUS DIMANA? Jalani hidup dan iman masing2.. Saya Dan ANDA SEMUA tidak sepenuhnya bisa bertemu BAPA DISURGA..tergantung apa yamg anda lakukan di kehidupan masing2. Demikian sekilas Info.. Lebih dan kurangnya tolong jangan benci ISA DAN KAMI PENGIKUTNYA. Gbu.

    BalasHapus
  20. Al-Quran menyaksikan Isa Al-Masih sebagai seorang nabi untuk bangsa Israel. Maka umat Islam melihat Isa Al-Masih hanya seorang nabi. Itulah hubungan nabi Isa dan orang Islam.
    Benarkah Isa hanya seorang nabi? Wajibkah kita mengutamakan Dia lebih dari seorang nabi? Memahami kesaksian Al-Quran dan Wahyu Allah, kita akan mengerti Isa Al-Masih lebih lengkap.
    Al-Quran dan Injil Menegaskan Hakekat Isa Al-Masih

    Banyak orang Islam dan Kristen masih bingung soal hakekat Isa Al-Masih. Namun, Injil Allah menerangkan, bahwa Isa “. . . adalah Kalam; “. . . Kalam itu adalah Allah” (Kitab Suci Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1).
    Tepatlah Al-Quran mengakui bahwa “. . . Al Masih, Isa . . . adalah . . . kalimat-Nya,
    . . .” (Qs 4:171). Karena itulah Abdullah Yusuf Ali menterjemahkan Qs 4:171 sesuai bahasa Arabnya. “Christ Jesus . . . was [Isa Al-Masih/Kristus Yesus. . . adalah] . . . His Word [Kalimat-Nya] . . .”
    Bukankah kita wajib mengutamakan Kalimat Allah?
    Al-Quran: Al-Masih Ter-unggul di Dunia dan di Akhirat

    Kita tahu, Al-Quran menyaksikan bahwa “. . . Al-Masih ‘Isa . . . terkemuka di dunia dan di akhirat . . .” (Qs 3:45). Pakar Al-Quran, Muhsin Qiraati mengakui bahwa gelar istimewa wajihan fi al-dunyâ wa al-akhirah [terkemuka di dunia dan di akhirat] ini hanya untuk Isa. Nabi-nabi lain tidak memilikinya.
    Salah satu arti kata “terkemuka” ialah paling baik – unggul , pandai, dan sebagainya - (Kamus Besar Bahasa Indonesia).Tepatlah itu, Injil Allah menyaksikan Isa memiliki “. . . segala kuasa di sorga dan di bumi” (Injil, Rasul besar Matius 28:18).
    Al-Quran dan Injil Allah: Isa adalah Al-Haqq

    “ . . . Isa . . . mengatakan perkataan yang benar . . .” dalam Al-Quran surah 19:34. Pengakuan ini benar, sebab Isa bersabda “. . . "Akulah . . . kebenaran (Al-Haqq) . . . (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).
    Mengapa hanya Isa bergelar Al-Haqq, sedangkan nabi-nabi lain dan Muhammad tidak?
    kuburan terbukaIsa Al-Masih adalah Al Hayyu

    Sebagai Al-Hayyu, Isa beberapa kali membangkitkan orang mati. Ia juga menjanjikan kebangkitan abadi "Akulah [Isa-Al-Masih] kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati” (Injil, Rasul Besar Yohanes 11:25).
    Wahyu Allah: Kasih Terbesar Isa Al-Masih

    Bukti terbesar kasih Isa Al-Masih adalah “. . . memberikan nyawa-Nya [Isa Al-Masih] menjadi tebusan bagi banyak orang" (Injil, Rasul Besar Matius20:28). Tujuannya “. . . supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya [Isa Al-Masih] tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
    Haruskah kita Mengutamakan Isa?

    Jadi menurut kesaksian Al-Quran dan Wahyu Allah, Isa Al-Masih adalah Kalimatullah. Isa adalah Kebenaran (Al-Haqq), Sumber Kehidupan (Al-Hayyu), yang berkuasa di dunia dan akhirat. Ia juga menjamin hidup kekal kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam la yg ikut yesus.
      Umat yesus tdk ikot ajaran yesus.
      Islam d sunat.
      Apakah umat yesus d sunat.
      Islam melarang minum alkohol
      Umat yesus waktu natal n tahun baru malah minum".
      Islam menutup aurat seperti maryam.
      Umat yesus k greja mala pakek rok mini.
      Dll.

      Jangan berfikir cuma sejengkal.
      Berfikir realistis.
      Mana yg mngakui dan mana yg cuma koar" sok taat sama yesus.
      Jlas islam yg taat sama yesus.

      Hapus
    2. @robi Matius 5:43-44 (TB) Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
      Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.


      Kalo ayat diatas realistis apa enggak sama MATI SYAHID/DOA ORANG TERAINAYA?

      Hapus
  21. Doa Shalawat dan Keselamatan
    Berhubungan dengan orang yang sudah meninggal, kita tahu bahwa salah satu doa yang sangat populer di kalangan umat Muslim adalah doa “Shalawat Nabi.” Doa ini ditujukan bagi Nabi Muhammad yang sudah meninggal dunia.
    Bershalawat artinya memohon supaya Allah memberi rahmat, kemuliaan dan keselamatan bagi seseorang (Catatan Kaki No. 1230-31, Qs. 33:56, “Al-Quran Departemen Agama RI,” tahun 1978). Merujuk pada definisi shalawat di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa shalawat hanya dibutuhkan oleh orang yang memerlukan keselamatan, bukan?
    DoaNabi-Nabi Dalam Kitab Allah Tidak Membutuhkan Shalawat

    Para nabi Allah, seperti Musa, Ibrahim, Daud, dll tidak pernah memerintahkan pengikutnya untuk mendoakan mereka. Bahkan Isa Al-Masih, sebagai Pribadi yang dihargai oleh umat Kristen dan Muslim, tidak membutuhkan doa “shalawat nabi”.
    Mengapa Isa Al-Masih tidak membutuhkan doa “shalawat nabi”? Berikut ini beberapa alasannya:
    1. Tidak Ada Perintah Untuk Mendoakan-Nya
    Dalam semua wahyu Isa Al-Masih kepada pengikut-Nya, tidak ada satupun perintah untuk bershalawat. Sehingga pengikut-Nya tidak perlu bershalawat bagi-Nya.
    2. Isa Al-Masih Sudah Berada di Sorga
    Al-Quran dan Injil memberi kesaksian yang sama, yaitu Isa Al-Masih berada di sorga. Qs 19:33 menulis, “Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku (Isa Al-Masih), pada hari aku dilahirkan, pada hari aku [Isa Al-Masih] meninggal dan pada hari aku [Isa Al-Masih] dibangkitkan hidup kembali.”
    Demikian pula dalam Injil, “Sesudah Ia [Isa Al-Masih] mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka” (Injil, Kisah Para Rasul 1:9). Isa Al-Masih saat ini telah berada di sorga. Dia tidak memerlukan doa “shalawat nabi” untuk keselamatan-Nya.
    3. Doa Shalawat Akan Meragukan Ke-Nabian-Nya
    Bershalawat artinya memohon keselamatan bagi seseorang. Bila seorang nabi memerlukan doa shalawat, bukankah hal ini dapat meragukan kenabiannya? Setiap umat beragama tidak perlu meragukan pengajaran keselamatan Isa Al-Masih. Saat ini Dia berada di sorga.
    4. Isa Al-Masih Adalah Juruselamat
    Jelas, seseorang yang memerlukan doa tidak dapat disebut sebagai Juruselamat. Sebab, bagaimana mungkin seseorang yang keselamatannya saja belum pasti, dapat menyelamatkan pengikutnya? Isa Al-Masih adalah Juruselamat. Dia tidak memerlukan doa pengikut-Nya agar selamat.
    5. Isa Al-Masih Mendoakan Umat-Nya, Bukan Sebaliknya

    Isa Al-Masih mendoakan umat-Nya. Lihatlah Injil, Rasul Besar Yohanes 17:1-26. Selain mendoakan, Isa Al-Masih juga memberikan keselamatan sorgawi (Injil, Rasul Besar Yohanes 5:24, 5:28 14:1-3, 14:6; Injil Rasul Lukas 23:43). Orang yang sungguh menerima Isa Al-Masih sebagai Penyelamat, tidak merasa ragu akan keselamatannya. Orang tersebut pasti masuk sorga.
    Isa berkata: “Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya . . . .” (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:29)
    Bagaimana Dengan Keselamatan Pembaca?

    Dalam Qs 3:85 dikatakan bahwa agama di luar agama Islam akan masuk neraka. Dengan kata lain, hanya mereka yang memeluk agama Islam yang berhak masuk sorga. Tetapi ayat ini bertolak-belakang dengan Qs 18:17. Dikatakan “Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah mendapat petunjuk; barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya” (Qs 18:17).
    Allah dalam Al-Quran tidak menjamin bahwa setiap orang yang memeluk agama Islam akan masuk sorga sebagaimana yang dituliskan dalam Qs 3:88. Sebab Allah dengan hak preogratif-Nya dapat menyesatkan siapapun.
    Berbeda dengan apa yang tertulis dalam Kitab Suci Injil. Isa Al-Masih memberi keselamatan dengan jaminan indah ini kepada murid-murid-Nya: “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. . . . Aku pergi ke situ [sorga] untuk menyediakan tempat bagimu. . . . Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada” (Injil, Rasul Besar

    BalasHapus
  22. hanya Isa yg tidak tersentuh oleh hawa nafsu duniawi.. contoh yang sangat jelas yg di berikan Allah bahwa Dia lah anak yg Ku kasihi, kepada Nya lah Aku berkenan.., dan sebelum Dia terangkat ke surga pesan terakhirnya adalah "pergilah, jadikanlah semua bangsa murid Ku" nah kalau saudara kita yang islam mengakui penyaliban sampai pada peristiwa terangkat ke surga dengan Isa meninggalkan perintah diatas,.. apalah jadinya islam...

    dan Isa sendiri menegaskan lewat perintahnya tersebut menjadikan semua bangsa murid Nya... murid Nya, bukan murid tipe atau jenis agama manapun..!!!
    bukan agama yg di tekankan karna agama tidak mendatangkan keselamatan bagi kita..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabi isa a.s bukan di surga
      Nabi isa a.s diangkat dilangit dia masih hidup akan turun ke dunia di akhir zaman nanti
      Dia akan membetulkan umat nasrani (menjelaskan kembali yg diatulis bukanla tuhan).bersama imam mahadi akan memburu dajjal .ya mana penegak yg lain kok sya jawap ini semua soalan bgini tlg jawap ,sya ada ramai pengikut jesus yg akan masuk ke islam
      Tlg dong sya agak sibuk berbahagi tugas iyaa
      Sya menyeru kepada umat nasrani agar segera memeluk agama islam
      Islamla agama yg benar yg di bawa oleh nabi terakhir diutus oleh tuhanmu sebuah alkitab se belumnya terbatal kita harus ikuti yg terkini sahabat nasrani sekalian .
      Sekarang ini umat islam adlah agama yg paling ramai penganutnya di dunia.sudah tentu ada sebabnya.injil diwahyukan utk kaum israel bukan utk manusia sejagat.

      Hapus
  23. Aku heran, kenapa banyak kristen kebakaran jenggot disini??
    hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amanda Arasya...
      Gak ada yg kebakaran jenggot kog, wajar org beragumen membela keyakinan org tuanya,...
      Missal...ada pertanyaan knp nabi muhamad spt yg dikatakan hadist sahih bukhari, muslim, sunan abu dawud, dll...bhw nabi menikahi aisyah yg berumur 6 thn kemudian dikawini nabi(disetubuhi nabi) saat aisyah berumur 9 thn...
      Ahh...massa sih...ini kata hadist nabi loh...

      Hapus
    2. Mba gak baik klw ngomong yg gak benar..gak ada yg kebakaran di sini.klw anda tidak sepaham ..tuliskan dan akan saya jawab.

      Hapus
  24. Aku hanya bingung aja, ayat2 Alqur'an itu, ko banyak ya kesamaannya dengan alkitab?? Sebenarnya siapanya yg mengutip?? Alqur'an atw Alkitab?? Klu Alkitab, kenapa Alkitab sama sekali tidak ada sekalipun menyinggung ttg Nabi Muhammad, tp yg menjadi pertanyaan kenapa didalam Alquran sangat2 banyak terdapat ayat2 Alkitab, tp klu dilihat dr sejarahnya sudah pastilah Alkitab yg lebih dulu diwahyukan Allah kepada para Nabinya. Jd klu sy menanggapi ayat Alqur'an "qs Al Imran 3:45"itu hrs dihilangkan dari Alqur'an, karena itu juga jelas dikatan jg di dalam Alkiyab yg tertulis dlm Matius 1:20-23 tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata"Yusuf, anak Daut,janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai istrimu,sebab anak yg di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 21,Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamai Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-nya dari dosa mereka. 22,Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh Nabi. 23,Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki,dan mereka akan menakan Dia "Immanuel"yang berarti Allah menyertai kita.) Dari Firman ini ada dua hal yg perlu kita kutip yakni pengertian Yesus yaitu juru selamat (Isa Almasih) dan yg kedua pengertian Immanuel yaitu Allah menyertai kita.Artinya ketika Yesus atau Immanuel ada ditengah2 kita berarti Allahpun juga bersama kita. Amin.Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  25. mari saling berbagi dan menambah wawasan anda, berkomentarlah selalu dengan baik, maka anda akan selalu memili fikiran jernih dalam setiap langkah perjalanannmu. dari setiap bicaramu akan tampak kamu memiliki iman untuk Tuhan. tanamkanlah kebaikan hilangkan pikiran - pikiran negatif. mari saling belajar

    BalasHapus
  26. ALASAN KENAPA SANG MESIAS BERGELAR YANG AWAL DAN AKHIR :

    Yohanes 8:23 Dan Dia berkata kepada mereka, “Kamu berasal dari bawah, Aku berasal dari atas. Kamu berasal dari dunia ini, Aku tidak berasal dari dunia ini.

    SANG JURUSELAMAT BERSABDA :


    Mat 13:35 Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala.

    SANG JURUSELAMAT BERSABDA DALAM KITAP p AMSAL :


    8:22 (HEB) יהוה קנני ראשית דרכו קדם מפעליו מאז׃

    Proverbs 8:22 Jehovah possessed me in the beginning of his way, Before his works of old.


    Amsal 8:22-36 (ILT3) YAHWEH memiliki aku sejak permulaan jalan-Nya, sejak awal dari pekerjaan-Nya.
    Aku ditata dari keabadian, sejak permulaan, sebelum bumi ada.
    Ketika samudera raya belum ada, ketika sumber-sumber yang sarat dengan air belum ada, aku telah lahir.

    Sebelum gunung-gunung ditempatkan, sebelum bukit-bukit, aku telah lahir.

    Sebelum Dia menjadikan bumi dan padang-padangnya, atau bagian-bagian yang tertinggi dari debu bumi.
    Ketika Dia mempersiapkan langit, aku di sana; ketika Dia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
    ketika Dia menetapkan awan-awan di atas dan mata air samudera raya meluap dengan deras,
    ketika Dia menentukan batas laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, ketika Dia menetapkan dasar-dasar bumi,
    aku ada di sisi-Nya sebagai kepala pekerja, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya dan setiap waktu bersukacita di hadapan-Nya;
    sambil bercengkrama di dunia, yakni bumi-Nya, dan kesenanganku adalah bersama anak-anak manusia.

    Dan sekarang dengarkanlah aku, hai anak-anak; sebab diberkatilah mereka yang memelihara jalan-jalanku.

    Dengarkanlah didikan dan jadilah bijaksana, dan hendaklah engkau tidak menyia-nyiakan.

    Berbahagialah manusia yang mendengarkan aku, untuk berjaga-jaga di pintuku setiap hari, untuk berjaga di tiang-tiang pintuku.

    Sebab siapa yang menemukan aku, menemukan hidup dan dia akan memperoleh kemurahan dari YAHWEH.

    Tetapi siapa yang berdosa melawanku, berbuat kekejaman terhadap jiwanya sendiri, semua yang membenci aku, mencintai maut.”

    BENARKAH DEMIKIAN ?. Yahushua juga mengaminkan dalam INJIL :

    Yohanes 8:58 Kata Yeshua kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

    Yohanes 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.


    Amen..


    Yesaya 43:10-11 "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti,

    bahwa Aku tetap Dia.

    Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.

    Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.


    Perhatikan Kata AKU TETAP DIA..

    Sang mesias juga mengaminkan dalam INJIL :

    Yohanes 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."


    Yesaya 44:6 Beginilah YAHWEH, Raja Israel, dan yang menebusnya, YAHWEH Tsebaot, berfirman, “Akulah yang awal dan Aku yang akhir, dan tidak ada Elohim selain Aku.

    BalasHapus
  27. Semua nabi lahir dari bangsa Yahudi. Tidak ada nabi yg berasal dari bangsa lain.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Kristen tdk pernah menciderai kemahasucian Allah swt, krn nabi isa lahir bukan dari hasil hubungan biologis Allah dg Maria, tetapi nabi isa diciptakan Dr firmannya Allah, baca ini,
    (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengahn kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).

    BalasHapus
  30. Saya berpegang kepada apa yang aku percaya .bukan kepada agama apa yang aku anut.Yesus my Savior.Penyelelamatku

    BalasHapus
  31. Namanya Allah, Dia bisa ciptakan segalanya, ga mesti kawin. Segala binatang didarat, air dan udara dia ciptakan. Manusia dia juga ciptakan.. Namanya Allah ya maha pencipta semua dia bisa ciptakan.. Ga usah repot membela Allah.. Dia ya ciptakan semuanya.. Yang ada Allah ya bela kita.. Dia mau jadi banyak kaya naruto bisa aja.. . NamaNya Allah sang pencipta.. Ga usah merepotkan diri dengan dengan urusan membela Allah..

    BalasHapus
  32. Isa adalah pintu..saya pikir yg anda jelaskan anda malah tidak paham...di situ isa mengatakan dia adalah terang dia mengajak kita ikut kepadanya menuju atau menyembah allah...trs slahnya kristen dimana?? Coba jelaskan...kristen sudah mengikuti isa..dan kalian menolak..hahah...sekali lagi aku perjelas bahwa kristen sudah mengikuti isa untuk memuliakan allah. Isa bagi kristen adalah pintu ..gereja adalah badan isa..kami datang mengikuti isa yg adalah pintu menuju allah yg terang.anda paham??kwkwkw ksian sekali anda

    BalasHapus
  33. Seandainya Dia (Yesus) Tuhan ,
    Kenapa dia tidak pernah berhenti untuk mengucapkan doa kepada sang (ilahi,allah,bapa) karena jelas Dia (yesus) bukanlah Tuhan.
    Di situ sudah jelas & dan masuk logika.. Tidak mungkin Se-orang Tuhan berdoa kepada Tuhan .
    Saya hanya orang yg tidak berpendidikan . (Bodoh) ..tapi Tuhan (Allah) memberikan karunia cara berfikir yg logis & masuk akal .Alhamdulillah😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena Tuhan Yesus begitu merendahkan diri-Nya sendiri di hadapan manusia,dan asal kamu tau, logika manusia tidak akan pernah menjangkau logika Tuhan.

      Hapus
  34. Yesus kn udh di salib tuh untuk menebus dosa umatnya, knp umat Kristen gk ikutan di salib buat nebus dosa2 keturunannya kelak? Yesus jg kn gk menikah tuh, tp knp umat Kristen kok sebagian pd menikah gk ngikutin Yesus yg single seumur hidupnya? Apakah Yesus berkata & menyebut bahwa Kristen adalah nama agama yg dia anut dan dia adalah Tuhan?

    Apakah yg namanya hadist itu bnr? Gmn klo mslkn hadist tsb gk sesuai dgn apa yg tlh diucapkan Nabi Muhammad saw? Contohnya : Nabi mengajarkan 1 cm, trs oleh para pengikutnya disebarkan ajaran tsb tp malah jd 1,5 cm. Trs lbh tersebar luaskan lg malah jd 2 cm. Itu gmn coba?

    Klo bcra mslh agama sih gk bkln ada ujungnya, aplgi dikejar pke logika, gk bkln nyampe.
    Yg jls hidup saling tenggang rasa antar umat beragama itu lbh indah & damai, tnpa saling benci, hina, & menghujat. Dlm UUD'45 pun ada kn pasal 29 ayat 2, sangat jls disitu. Mungkin org2 zaman skrg gk prnh bljr PPKN (zaman dulu namanya PPKN), sehingga rasis makin meraja.
    Drpd berdebat mending setiap umat beragama berdo'a aja smga Indonesia lbh baik, bukannya makin buruk.

    TKS

    BalasHapus
  35. Kalau menurut saya tuh, kita harus mengikuti ajaran Rasul tuhan mau itu Isa ataupun Muhammad agar kita dapat jalan yang benar

    BalasHapus
  36. Udah ngopi belum? Ngopi dulu apa ngopi.....

    Kalo emg alquran yg sdr2 percayai, coba dong dibaca quran nya dan pahami artinya (kalo baca arabnya aja, ntar ga tau artinya) Baca dari awal sampai akhir, jgn setengah2. minta pertolongan Allah untuk memahami isinya. Dan coba liat apa yg anda dapet dr quran tsb.
    Semangat!
    "Talkless do more"

    BalasHapus
  37. Jika seorang muslim menghina Isa karena Isa itu adalah nabi apa hukumnya untuk Islam?
    Apakah Isa Al-masih lahir dengan Kalimatulah atau dr pernikahan?
    Nabi Muhammad SAW lahir dr pernikahan ?
    Lahir nya Al-quran langsung dr Allah sendiri? Tp ketika di bakar apakah Al-quran terbakar? Terus jika Al-quran terbakar apakah kalimatulah dr Al-quran bianasa? Saya yakin Al-quran tetap suci sebagaimanapun wujudnya dan Al-quran tetap memiliki Keistimewaannya
    Lalu apakah beda Kalimatulah yang Allah berikan ke Al-quran untuk Nabi Muhammad SAW dengan kalimatulah dr Alloh untuk Maryam sehingga Isa bisa terlahir....meskipun Isa bisa lapar dan bisa berdarah apakah hal tersebut mengurangi Kesuciannya jika Isa Al-masih adalah Nabi maka Isa adalah Kalimatuloh Yang Hidup Al-quran versi portable

    BalasHapus
  38. MENGAPA ADA AGAMA? MENAGAPA ADA BEBERAPA AGAMA ? BUAT APA BAHASA KITA BEGITU BANYAK JIKA TUHAN/ALLAH ITU SATU, TOLONG TERANGKAN LAH SAYA DARI PADA KALIAN BERDEBAT DAN SALING CACI MAKI, TUHAN/ALLAH SAJA TIDAK MEPERSALAH KAN AGAMA KITA MASING" MENGAPA KALIAN PADA RIBUT SEDIH, DAN MENGAPA SESAMA ETNIS ARAB SELALU RIBUT SEPERTI KONFLIK DINTIMUR TENGAH PADAHAL AJARAN AGAMA ISLAM SELALU MENGAJARKAN KEDAMAIAN DAN MENGAPA AJARAN AGAMA KRISTEN ITU ADA BEBAGAI MACAM JIKA SAMA SAMA SALING MEMULIAKAN TUHAN YESUS KRISTUS, TAPI KUTIPAN FAV SAYA BERASAL DARI INJIL YG BERKATA LEMPARLAH BATU KEPADA ORAN YG BERZINAH INI YG MENGAGGAP DIRINYA SUCI SEPERTI TUHAN

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Yg mengatakan Yesus adalah Tuhan itu goblok atau hanya sbg penhgujat,Yesus sendiri ketika melakukan mujizat harus berdoa terlebih dahulu meminta petunjuk kpd Allah.knp Yesus dituhankan oleh manusia,krn yesus Nabi yg teristimewa dihadapan Allah.

    BalasHapus
  41. Kalo ada yg nanya knpa Islam lebih mengikuti ajarannya nabi Muhammad dr pada nabi Isa padahal sama sama nabi dan sama sama dimuliakan Allah

    Jawabannya adalah karena nabi Muhammad yg membawa wahyu dan mengajarkan tentang kebenaran. Salah satu diantaranya adalah kebenaran tentang kisah nabi Isa

    Trus tentang poligami nabi Muhammad. Poligami dalam Islam itu sunnah (dijalankan dapat pahala ditinggalkan tidak apa apa) jd ngga papa jg klo ngga mau poligami. Tapi jika ingin berpoligami ikutilah ajaran nabi Muhammad

    Lagi'an knpa cuma sunnah tentang poligami doank si yg selalu dibesar besarkan? Pdhal banyak bgt sunnah" lain yang menurut kesehatan bagus menurut etika sopan, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda mengatakan bahwa Quran mengajarkan tentang kebenaran, diantaranya adalah tentang kisah Isa. Sebagai kitab suci maka quran jelas berisi wahyu Allah.
      Dalam quran dikatakan bahwa Injil diwahyukan atau diturunkan oleh Allah kepada Isa. Pertanyaannya, apakah benar bahwa Allah mewahyukan/ menurunkan Injil kepada Isa? Kalau benar, dapatkah Islam menunjukkan keberadaan Injil asli tersebut? Kemudian, dapatkah Quran menjelaskan bagaimana Allah mewahyukan/ menurunkan Injil tersebut kepada Isa? Kapan dan dimana Injil tersebut diturunkan kepada Isa? Adakah Quran menjelaskan bahwa Allah memerintahkan agar Isa memberitakan Injil? Barangkali Quran dapat menjelaskan kalimat-kalimat Allah ketika menurunkan Injil kepada Isa. Apakah isi Injil yang diturunkan tersebut juga memuat tentang kelahiran Yesus? Bagi saya adalah hal yang lucu jika Allah menurunkankan kitab kepada seorang Tokoh yang adalah obyek pemberitaan tersebut. Tolong anda jelaskan secara utuh.

      Hapus
  42. Isa/Yesus di anggap anak Allah karena dia berasal dari roh Allah dan Firmanya

    BalasHapus
  43. Semua ingin sampai ke surga, sekarang sudah lebih jelas bahwa agama bukan jaminan masuk surga, iman, perbuatan Tutur kata, dan semuanya yg ada pada kita, digunakan untuk yg baik jaminannya surga, digunakan untuk yg jahat jaminannya neraka, maka mari kita saling melengkapi satu sama lain dengan penuh kasih sehingga semakin berada di jalan yang lurus, Terima kasih

    BalasHapus
  44. Perdebatan yg tak akan ada akhirnys. Soalnya dasar pijak berbeda. Masing2 jalani saja keyakinannya nanti ada hari dimana kebenaran jadi jelas untuk semua. Hal yg penting untuk saat ini adalah membuktikan diri sebagai umat penyembah Allah yang benar dengan mewujudkan kebenaran itu bagi kebaikan hidup segala insan di dunia. Jika yg disumbangkan cuma argumentasi2 yg memperbesar konflik dan kekacauan maka keberagamaan dan keimananmu percuma. Dan sepandai-pandai apapun argumentasi kita kalau akhirnya tidak mendapat bagian dalam hari akhir yang bahagia, apa untungnya semua debat ?

    BalasHapus
  45. Jadi kelihatan b*d*hnya isi tulisan anda

    tulisan anda : "menikah adalah merupakan kewajiban manusia yang ALLAH perintahkan, sangat mustahil ALLAH memiliki anak dari bunda Maria krn ALLAH tdk menikahinya,"

    tanggapan saya: kenapa anda menyamakan KEKUASAAN TUHAN dengan manusia?? TUHAN itu MAHA KUASA, apa yang MUSTAHIL bagi TUHAN? coba saya tanya anda 😁

    apakah TUHAN dapat melihat tanpa mata? Bisa mendengar tanpa telinga? Bisa bicara tanpa lidah/mulut? apakah TUHAN bisa dimana saja? Kalo jawabannya BISA SEMUA

    Jadi, sangat MUNGKIN sekali, TUHAN dapat punya anak tanpa istri/tanpa menikah/bahkan tanpa maaf (ML) sekalipun 😁😁

    BalasHapus
  46. Kita tidak usah membalas mereka dengan kejahatan saudara..biarin aja mereka yang paling penting sekali doain mereka aja supaya mereka di selamatkan oleh YESUS KRISTUS...AMINNN

    BalasHapus