KATA "BAPAK" MAKNA KIAS

l
alam semesta
Alam semesta berasal dari Sang "Bapa"
Kata kias "Bapa" merujuk kepada Allah (YHWH / El) Sang Pencipta telah kita pelajari pada seri sebelumnya.
Makna kata kias "Bapa" yang merujuk kepada Allah adalah:
  1. Segala sesuatu berasal dariNya (1 Korintus 8: 6)
    αλλ ημιν εις θεος ο πατηρ εξ ου τα παντα και ημεις εις αυτον
    all Emin is theos ho Pater eks U tap anta kay EMIS is auton
    Namun untuk kita hanya ada satu Ilah (Tuhan) saja, yaitu 'Sang Bapa' yang dariNya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup. (1 Korintus 8: 6a)
  2. Sang Maha Pencipta (Zabur 90: 1 - 2)
    תְּפִלָּה לְמֹשֶׁה אִישׁ - הָאֱלֹהִים אֲדֹנָי מָעוֺן אַתָּה הָיִיתָ לָּנוּ בְּדֹר וָדֹר: בְּטֶרֶם הָרִים יֻלָּדוּ וַתְּחוֺלֵל אֶרֶץ וְתֵבֵל וּמֵעוֺלָם עַד - עוֺלָם אַתָּה אֵל
    Təfillāh ləmōšeh 'is-hā'élōhîm ADONAY Mā `ôn' attāh hāyî t ā llānû bədōr wādōr.Bət  erem Harim yullādû wattəh  ûlēl 'eres  wə t Evel ume `ulam` a d - `ulam 'attāh' El
    Doa (Nabi) Musa, Abdi Allah.
    Wahai Sang Penguasa (Rabb), Engkaulah tempat perteduhan kami turun - temurun
    Sebelum gunung - gunung 'dilahirkan' dari
    Sebelum bumi dan dunia 'diperanakkan',
    Bahkan dari kekekalan sampai selama-lamanya,
    Engkaulah Allah (Zabur / Mazmur 90: 1-2)
  3. Maha Pengasih dan Penyayang dengan kasih setia yang tidak akan hilang (2 Samuel 7: 14 - 15)
    אֲנִי אֶֽהְיֶה - לוֹ לְאָב וְהוּא יִֽהְיֶה - לִּי לְבֵן אֲשֶׁר בְּהַעֲוֹתוֹ וְהֹֽכַחְתִּיו בְּשֵׁבֶט אֲנָשִׁים וּבְנִגְעֵי בְּנֵי אָדָֽם: וְחַסְדִּי לֹֽא - יסוּר מִמֶּנּוּ כַּֽאֲשֶׁר הֲסִרֹתִי מֵעִם שָׁאוּל אֲשֶׁר הֲסִירֹתִי מִלְּפָנֶֽי :
    'Ani ehyeh-lo lə'āv wəhû' yihyeh-li ləvēn 'aser bəhā `áôtô wəhō k ah  əttî bēšēvet  'ánāšîm ûvəni g ə `ê bənê 'ā d umum
    wəh  asədî lō'-yāsûr mimmennû ka'ášer hásirōtî me `im Sa'oel 'aser hásirōtî milləfānêkā
    1. Aku akan menjadi 'Bapa'nya, dan ia akan menjadi' anak'Ku. Bila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manis
    2. Tetapi kasih setiaku tidak akan hilang darinya, seperti yang Kuhilangkan dari Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu. (2 Samuel 7: 14-15)
    Dari ayat-ayat tersebut dapat diketahui bahwa makna kias "Bapa" adalah bahwa sumber segala sesuatu (1 Korintus 8:6 a), baik yang ciptaan (makhluk) (Zabur 90 :1-2) maupun bukan ciptaan (Yoh 1:1-3 ).
    Awalnya, Firman telah ada. Firman itu ada bersama-sama dengan Allah dan Tuhan (Ilah) adalah Firman. Firman pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan {oleh Allah - lihat Kejadian 1} melalui FirmanNya. Tanpa Firman, segala yang telah diciptakan ini tidaklah tercipta. (Injil Yohanes 1: 1-3)
Allah yang merupakan asal segala sesuatu itu adalah Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.Pada kata kias 'Bapa' ini juga melekat tabiat (sifat) Nya yang serba Maha Mulia. Inilah makna kata kias "Bapa" yang merujuk kepada Allah (YHWH / EL).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar