Dibawah ini hasil dialog Sahabat saya ” Bayan ” dengan rekan kristen ” Buana ” , pada tanggal 5 February 2009 , dan isinya sangat bagus untuk dapat kita pelajari & koreksi bersama – sama …

Rekan muslim :
ente katakan bahwa islam tidak diperintahkan mengikuti Taurat, lantas bagaimana dengan perintah ini :
Qs.10.37
Tidaklah mungkin Al Qur’an ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Qur’an itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.

Rekan kristen :
Jika disini dikatakan muslim wajib menjalankan Taurat, kenapa ente justru menolak Taurat ? Tolong penjelasannya.

Rekan Islam :
Sudah saya jawab… bahwa AlQuran sebagai pengganti kitab2 sebelumnya,berarti dia akan menjelaskan keberadaan kitab2 yg digantinya,menjelaskan isi kitab2 sebelumnya, membenarkan kitab2 sebelumnya… kalo dia tidak menerangkan bahwa ada kitab2 sebelumnya,maka dia bukan pengganti…. kitab pengganti harus juga menerangkan bahwa isinya memang benar dari Allah,apa2 yg tertulis memang dari Allah… Karena sudah ada kitab pengganti,maka UU lama sudah tidak berlaku… diganti UU baru (ikut istilah anda)… Mungkin ada yg sama dengan UU yg lama,tetapi tidak seluruhnya akan sama,krn ia adalah pengganti UU yg lama… Misal UU perpajakan… sebagian membenarkan hukum dari UU yg lama,hukumnya pun sebagian sama dg UU yg lama,tetapi sebagian tidak akan sama dg UU yg lama… kalo sama total,bukan UU pengganti namanya… Kalo petugas pajak pd saat akan menghukum wajib pajak dg UU yg lama,walaupun sebagian isinya sama,secara hukum,dia akan disalahkan oleh pembuat UU yg baru…krn UU tersebut sudah tidak berlaku lagi… saya kira begitu juga dalam kasus2 hukum yg lainnya… UU lama tidak bisa dijadikan dasar hukum untuk sebuah proses hukum,krn sudah ada UU yg baru… walau pun UU baru mungkin sebagian isinya sama dg UU yg lama… Jelas pak…??!! Ini saya menggunakan analogi sesuai permintaan anda…

Rekan Kristen :
Kedua, mengenai ayat 2.79, jelas saja akan celaka bagi mereka yang mengaku “ini dari Tuhan” tetapi demi mencari keuntungan.. …ane rasa semua agama juga tidak menyetujui komersilisasi ajaran dari Allah.

Rekan Islam :
Ini merujuk kepada kitab2 sebelum AlQuran… salah satu bukti bahwa “babi” yg sebelumnya haram,jadi halal…orang2 Eropa yg mayoritas Kristen masih menyukai babi,dari dahulu kala sampai sekarang… Padahal Tuhannya khan sama… ayat yg digunakan sama.. eh,khok jadi berubah disesuaikan kemauan oknum2 yg tidak puas dg peraturan itu… Ttg masalah bersunat,orang2 Eropa banyak yg enggan bersunat,maka ditulislah ayat “Kalo engkau menyunatkan dirimu,maka Yesus tidak berguna bagimu…” (Galatia 5;2)… dsb… mereka menyesuaikan dg nafsunya… agar ayat Injil bisa disesuaikan nafsunya…

Rekan Kristen :
Mengenai Qs.5.15, tolong dijelaskan siapa yang dimaksud dengan”ahli kitab” ? apakah orang2 Yahudi ? Nasrani ? atau Kristen ?

Rekan Islam :
Ahli kitab…adalah orang2 pengikut kitab dari Tuhan sebelum AlQuran… Entah Injil,Taurat, atau Zabur… Tetapi sekali lagi…kitab yg dari Tuhan… bukan kitab tulisan manusia… krn bagi kami umat Islam,Injil yg ada skrg adalah tulisan manusia,yg penuh kesalahan2 fatal di dalamnya… akan dijelaskan di bawah….
Rekan Kristen :
Mengenai tudingan muslim bahwa Taurat/Alkitab yg sudah hilang, hilang nya kapan ? apakah sebelum Yesus atau sesudah Yesus ?

Rekan Islam :
Soal kapannya saya tidak tahu persis…. tentunya sebelum Yesus,Taurat yg asli hilang,krn akan diganti dg Injil….begitu pula,Injil yg asli hilang krn akan datang penggantinya,yaitu AlQuran… Semua sudah diatur oleh Tuhan sebagai pemilik Hukum… Untuk lebih jelasnya,coba baca penjelasan berikut… mengenai hilangnya UU yg lama sebelum datangnya UU yg baru atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa…
Apakah sekarang ada kitab yg langsung ditulis oleh Yesus,atau sahabatnya langsung…??!! Kalo tidak ada… berarti Injil tersebut sudah hilang… apakah saat ini ada kitab Injil dengan bahasa yg masih asli,yg digunakan Yesus…??!! Saya tulis beberapa komentar beberapa ahli Bible dari kalangan Kristen sendiri…

Dalam Mukadimah Injil Matius ditulis sbb;

“”Menurut tradisi (yg tidak sepenuhnya terjamin kebenarannya) Injil pertama ditulis oleh Rasul Matius. Ia juga bernama Lewi (Mrk 2;14 dan Luk 5;27). Menurut tradisi yg tua sekali,Matius menulis Injilnya dalam bahasa Ibrani artinya bahasa Aram yg menjadi bahasa rakyat di Palestina. Tetapi Injil asli itu (kalau pernah ada) segera diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani. Injil dalam bahasa Ibrani itu tidak ada lagi.”
Bunyi pernyataan dalam mukadimah Injil Matius tersebut, kami kutip dalam Injil terbitan LBI tahun 1975 Percetakan Arnoldus Ende. Tetapi saat ini,mukadimah tersebut sudah dihilangkan… Why…??!!
Penulis Injil dengan jujur mengatakan kata2 “…yg tidak sepenuhnya terjamin kebenarannya…”. Nah lho, kalo Injil ini tidak dijamin sepenuhnya kebenarannya,bagaimana kita akan yakin bahwa itu 100% Firman Tuhan…??!!

Dalam mukadimah tersebut ,dengan jujur juga dikatakan “Tetapi Injil asli itu (kalau pernah ada)..”, ini menunjukkan bahwa Injil yg asli sudah tidak diketahui rimbanya lagi…
Selain itu juga dikatakan dg jujur bahwa “.. Injil dalam bahasa Ibrani itu tidak ada lagi.” Ya… ahli Bible yg kredible dalam bidang per Injilan sendiri dg jujur mengatakan,bahwa Injil dalam bahasa Ibrani itu sudah HILANG…

Anda mau lagi pendapat pakar Kristen anda yg lain ttg Injil…??!!

Alkitab dalam bahasa asli Yesus sudah hilang. Jangankan orang awam, para pendeta sekalipun belum pernah melihat Alkitab yang asli. Alkitab tertua yang diketemukan bukan dalam bahasa Yesus.
Rev. David J.. Fant, seorang Setiausaha Umum bagi New York Bible Society:
The question naturally arises, do any of the original manuscripts of the Bible still exist? The answer is No. The original manuscripts were on papyrus and other perishable materials and have long since disappeared.
(Persoalan yang biasanya ditanya, adakah naskah-naskah asli Alkitab masih ada sehingga kini? Jawabannya tidak. Naskhah-naskhah asli di atas papirus dan bahan-bahan lain yang mudah rusak semuanya telah lama hilang)

Dipetik daripada Rev. David J. Fant, Simple Helps and Visual Aids to Understanding The Bible, m.s. 6.
Dr. Verkuyl di dalam bukunya berjudul Fragmenta Apologetika, bahwa
Kitab-kitab Alkitab yang seluruhnya berjumlah 66 itu, datang kepada kita dalam bentuk salinan-salinan yang beribu-ribu banyaknya. Naskah-naskah asli yang tertulis dalam tulisan tangan-autographa telah hilang semua.
Salah kah saya mengatakan bahwa Injil yg asli sudah hilang…??!! Wong para pakar Bible sendiri sudah mengakuinya….

Rekan kristen :
Mengenai kisah Moses mengubur moses, tolong tunjukkan ayatnya apa ?

Rekan Islam :
Saya hanya berusaha menunjukkan bahwa Injil yg ada,baik PL atau pun PB, bukan firman langsung dari Tuhan… tetapi banyak dicampuri untaian kata dari para penulis Injil…. Krn bukan Firman Tuhan langsung,maka sangat layak manakala banyak terjadi kesalahan2… contoh moses,saya ambil dari tulisan sdr. HMNA… sekali lagi dalam rangka menunjukkan bahwa itu bukan firman Tuhan,tetapi tulisan manusia…
Ttg Moses saya ambil dari tulisan sdr HMNA yg lalu…
KJVR-Deuteronomy 34:5-8

5 So Moses the servant of the LORD died there in the land of Moab, according to the word of the LORD.

6 And he buried him in a valley in the land of Moab, over against Beth-peor: but no man knoweth of his sepulcher unto this day.

7 And Moses was a hundred and twenty years old when he died: his eye was not dim, nor his natural force abated.

8 And the children of Israel wept for Moses in the plains of Moab thirty days: so the days of weeping and mourning for Moses were ended.
=>> So Moses the servant of the LORD died = Lalu Musa hamba Tuhan itu matilah.
=>> he buried him = dia menguburkannya (nya=Musa)
=>> no man knoweth of his sepulcher = tidak ada orang yang tahu kuburnya
=>> unto this day = sampai hari ini
=>> Moses was 120 old when he died = Musa berumur 120 tahun ketika ia mati
=>> children of Israel wept for Moses = anak-anak Israel menangisi Musa
Macam manalah pula Moses bisa tulis atau perintahkan untuk tulis:
=> Lalu matilah Musa, dia menguburkan Musa (siapa itu dia yang menguburkan Musa),
=> tidak ada orang yang tahu kuburnya, sampai hari ini (yang dimaksud hari ini itu kapan?),
=> Musa berumur 120 tahun ketika ia mati, (apa bisa Musa bilang atau suruh tulis: ini umur saya 120 tahun ketika saya mati)
=> anak-anak Israel menangisi Musa. (apa bisa Musa bilang atau suruh tulis anak-anak Israil menangisi kematian saya)

Sekali lagi saya tekankan, bukanlah Moses yang tulis atau suruh tulis semua itu. Jadi semua untaian kata-kata itu bukan bagian dari Deuteronomy, bukanlah pula tentunya bagian dari teks Taurat. Itu Taurat (the 5-books of Moses) yang telah dicampuri buah tangan penulis, itu dicontek salibis dari Septugiant yang sudah hilang bahasa asalnya. Sehingga tidak heran hasil contekan oleh salibis dari Septugiant banyak kesalahan.
Kalo ente kurang berkenan,atau kurang jelas dg contoh di atas… baiklah…saya beri contoh yg lainnya…yg hampir mirip dg itu… Dalam PB…

Markus 15;46 “Yusuf pun membeli kain lenan,kemudian ia menurunkan mayat Yesus dari salib dan mengapaninya dg kain lenan itu. Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu.”
Tentu bukan Isa as/Yesus yang tulis atau suruh tulis semua itu. Jadi semua untaian kata-kata itu bukan bagian dari Deuteronomy, bukanlah pula tentunya bagian dari teks Injil. Itu Injil yang telah dicampuri buah tangan penulis.

Kalo ente belum jelas juga ttg contoh di atas,baiklah…. ane kasih contoh untaian kata yg lain…
“Teofilus yg mulia, banyak orang kita,seperti yg disampaikan kepada kita telah berusaha menyusun suatu berita ttg peristiwa2 yg terjadi di antara oleh mereka,yg dari semula adalah saksi mata dan pelayan firman.” (Lukas 1;1-3).

Apakah kata2 ini merupakan firman Tuhan…??!! Ini adalah untaian kata manusia…bukan Tuhan… Masih banyak contoh lainnya,tetapi krn waktu saya yg terbatas,saya tidak tulis yg lainnya….
Tidak salah khan…??!! manakala kita mengatakan Injil yg ada sekarang bukan Firman Tuhan…??!! Bahkan pakar Bible dari kalangan Kristen sendiri mengakui,bahwa hanya 18% yg Firman Tuhan langsung dalam Injil….

Rekan Kristen :
Mengenai ayat2 Alkitab yang ente katakan penuh kesalahan, tolong dibahas dalam thread lain, agar thread ini tidak tumpang tindih.

Rekan Islam :
Kalo mengenai ayat2 yg salah dalam Bible,tujuannnya adalah mendukung pernyataan di atas,bahwa Alkitab yg ada sekarang sudah tidak asli,buktinya,banyak kesalahan2 yg sangat fatal. Seandainya itu buku terbitan sekarang,tentu akan segera ditarik dari peredarannya…krn kesalahan2 fatal tersebut… Manusia sekali pun tidak akan pernah melakukan kesalahan sefatal itu… Apalagi Tuhan….??!! Jadi saya hanya menunjukkan kesalahan2 fatal yg tidak mungkin dilakukan oleh Tuhan… kesimpulannya,Alkitab yg ada sekarang bukan Firman Tuhan…. krn Tuhan tidak mungkin melakukan kesalahan sefatal itu…
Tidak perlu Thread yg baru…wong itu sebagi penguat penjelasan di atas… kalo sanggup menjawab sekalian ya monggo… sebab dari dulu tidak pernah terjawab….